Tips Cara Mengatasi Migrain dengan Wortel

Tips Cara Mengatasi Migrain dengan Wortel - Sakit kepala sebelah atau biasa dikenal dengan migrain (bahasa medisnya cephalalgia) merupakan penyakit yang bisa menyerang pria atau wanita. Biasanya migrain menyerang usia produktif yang mempunyai aktifitas fisik yang lebih tinggi dibandingkan orang-orang yang berusia lanjut. 

Migrain adalah suatu keadaan di mana kepala mengalami rasa sakit di belakang leher, punggung atau bagian atas. Sakit kepala sebelah biasanya terjadi akibat kelelahan dan terlambat makan. Hal itu yang menyebabkan kadar glukosa dalam tubuh dan gula darah dalam otak berkurang. Terlambat makan juga berdampak pada kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh otak menjadi berkurang sehingga dinding pembuluh darah otak melebar atau mengecil kemudian mengecil kembali atau melebar kembali. Hal tersebut yang menyebabkan rasa nueri pada kepala karena gerakan dinding pembuluh darah. 
Cara Mengatasi Migrain dengan Wortel

Selama ini orang mengatasi sakit kepala sebelah dengan mengonsumsi obat-obatan kimia dari dokter. Namun ternyata migrain juga dapat diatasi dengan mengonsumsi bahan alami, seperti wortel. 

Wortel mempunyai kandungan magnesium dan riboflavin (vitamin B2) yang tinggi. Magnesium adalah salah satu elektrolit yang dapat memperbaiki dinding pembuluh darah yang mudah berdenyut. Dengan mengonsumsi wortel secara sering maka pada saat aktivitas tinggi, migrain tidak mudah kambuh karena pembuluh darah tidak terlalu sensitif. 

Sedangkan riboflavin atau lebih dikenal dengan vitamin B2 adalah mikronutrisi yang gampang dicerna dan mudah larut dalam air serta berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Riboflavin juga diperlukan dalam pembentukan sel darah merah, antibodi di dalam tubuh dan metabolisme pelepasan energi dari karbohidrat. Dalam berbagai proses seluler dalam tubuh, riboflavin memegang peranan penting dalam metabolisme energi,lemak, karbohidrat dan protein. 

Di samping mengandung magnesium dan vitamin B2, wortel juga mengandung berbagai bahan lainnya yang diperlukan oleh tubuh, seperti energi, karbohidrat, gula, diet serat, lemak, protein, vitamin A, betakarotin, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, vitamin C, kalsium, fosfor, kalium dan sodium. 

Ada baiknya wortel dikonsumsi setiap hari karena sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga menyehatkan. Beberapa variasi dalam cara pengolahan wortel akan membuat wortel tidak membosankan apabila dikonsumsi setiap hari. 
Wortel dapat dijadikan bahan makanan dalam sup, capcay atau bisa juga direbus dan dibuat jus wortel. Namun walaupun sudah makan wortel, sakit kepala sebelah tidak bisa dihilangkan 100% karena migrain dapat kambuh sewaktu-waktu. Untuk itu perlu dilakukan tindakan pencegahan supaya sakit kepala sebelah tidak sering kambuh. Tindakan pencegahan yang dilakukan bisa dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan juga tidak terlambat makan.  Bahan alami lain yang mampu mengurangi rasa sakit kepala sebelah adalah susu, keju, kacang kedelai, hati, bayam dan sayuran hijau lainnya.
Demikian tips cara mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah dengan mengonsumsi wortel, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Cara Mengobati Asam Urat yang Manjur
Bahaya Kolesterol dan Cara Menangkalnya
Jenis Teh Untuk Meredakan Stres
Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Tips Cara Mengatasi Migrain dengan Wortel | TipsPengobatan Alami | 5