Cara Mengobati Kurap dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Kurap dengan Bahan Alami. Kurap dalam bahasa medis sering disebut dengan nama tinea. Ini merupakan salah satu jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Kurap juga masuk ke dalam klasifikasi psoriasis. Meskipun tidak membahayakan nyawa, kurap memiliki dampak yang kurang baik bagi kulit, terutama dari segi estetika dan kenyamanan. Untuk mengobati masalah kulit ini, pasien bisa menggunakan obat-obatan medis. Selain itu, pasien juga bisa mencoba salah satu di antara obat herbal untuk mengobati kurap, seperti yang ada di daftar berikut.


cara mengobati kurap dengan bahan alami


1. Minyak kelapa
Gatal dan kulit menjadi kasar adalah sebagian di antara gejala yang muncul akibat penyakit kurap. Di sini, minyak kelapa dapat mengatasi gejala-gejala tersebut. Selain itu, kandungan pada minyak kelapa juga dipercaya bisa melawan infeksi jamur yang menyebabkan kurap.

Minyak kelapa bisa Anda gunakan dengan cara dioleskan ke bagian kulit yang terkena kurap. Terapkan pada malam hari sebelum tidur. Pada pagi harinya bilas dengan air bersih. Minyak kelapa sendiri adalah minyak esensial, sehingga jenis minyak esensial lainnya, seperti jojoba dan lavender juga bisa Anda coba.

2. Lidah buaya
Tanaman yang memiliki nama ilmiah aloe vera ini juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan kulit dari kurap. Bagian gel dari lidah buaya dipercaya bisa melawan infeksi jamur. Penggunaanya pun sederhana, hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area kurap. Waktu penggunaan terbaik adalah saat malam sebelum tidur. Basuh pada pagi harinya hingga benar-benar bersih. Gel dari lidah buaya ini bisa digunakan setiap hari hingga kurap benar-benar menghilang.

3. Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah dapur yang populer bukan hanya sebagai bumbu masakan, namun juga sebagai bahan utama pengobatan berbagai macam penyakit berkenaan dengan kulit. Kunyit memiliki sifat antibiotik yang kuat. Hal tersebut membuatnya bisa membunuh jamur maupun bakteri penyebab infeksi kulit, termasuk yang menyebabkan kurap. 

Biasanya penggunaan kunyit dilakukan secara topikal, dengan dibuat menjadi jus dan dioleskan menggunakan kapas. Namun jika ingin membersihkan toksin atau racun dari dalam tubuh, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jamu untuk diminum.

4. Cuka sari apel
Obat herbal untuk mengobati kurap selanjutnya adalah cuka sari apel. Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapati dari cuka ini. Sifat anti jamurnya membuat infeksi kurap bisa dicegah penyebarannya. Selain itu, cuka apel juga bermanfaat untuk menjaga kulit agar tidak terlalu lembap. Penggunaannya pun hanya dengan dioleskan menggunakan bola kapas sebanyak 4 sampai 5 kali dalam sehari.

5. Teh serai
Salah satu gejala yang sangat mengganggu yang muncul dari kurap adalah gatal. Oleh sebab itu, penting untuk mengatasinya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan teh serai. Anda bisa menyeduh teh serai dan terapkan isi dari bungkus atau ampas tehnya ke bagian kulit yang berkurap.
Demikian cara mengobati kurap dengan bahan alami, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: 
Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami
Cara Mudah Mengobati Kutu Air

Cara Mengobati Kurap dengan Bahan Alami | TipsPengobatan Alami | 5