Cara Mudah Mengatasi Leher Kaku

cara mengatasi leher kaku

Cara Mudah Mengatasi Leher Kaku - Bila Anda saat bangun tidur mengalami rasa nyeri yang sangat pada bagian leher, terlebih terjadi kesulitan dalam memiringkan kepala ke kiri ataupun ke kanan, maka bisa jadi Anda mengalami masalah leher kaku. Penyebab dari masalah ini beragam. Namun, umumnya dikarenakan oleh otot yang tegang, khususnya otot levator skapula. Sedangkan penyebab umumnya bisa karena olahraga tanpa pemanasan, posisi tidur yang salah, ataupun postur tubuh yang buruk. 

Bila Anda mengalami kejadian ini, tidak ada salahnya untuk coba menggunakan beberapa cara mudah mengatasi leher kaku berikut.


1. Menggunakan bantal yang baik

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab umum dari leher kaku adalah kesalahan saat tidur, khususnya mengenai penggunaan bantal. 

Karena bantal yang keras ataupun posisi yang salah, leher bisa berada pada bentuk yang sama berjam-jam, sehingga menyebabkan otot-otot tegang. 

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk tidur dalam posisi yang paling nyaman. Pilihlah bantal yang baik, yang bisa membuat Anda bergerak dengan bebas.


2. Hindari banyak membungkuk

Ketika leher membungkuk terlalu lama, maka kekakuan bisa sangat mungkin muncul. Itu mengapa, tidak sedikit pengguna gadget yang merasa kelelahan dan rasa nyeri pada leher mereka di akhir hari, dikarenakan sepanjang waktu melihat smartphone dengan cara menunduk. 

Oleh sebab itu, ada baiknya menghindari membungkuk terlalu lama. 

Caranya dengan menggunakan gadget secara efisien, tidak berlebihan. 

Bila Anda bekerja di depan komputer atau benda lain yang memaksa Anda untuk menundukkan leher, maka gunakan beberapa menit sekali untuk relaksasi dengan menggerakkan kepala ke arah lain.


3. Perhatikan barang bawaan

Setiap harinya mungkin kita membawa barang-barang berat menggunakan tas atau ransel. Barang bawaan yang berat bisa memberi tekanan yang besar pada bahu, dan itu bisa sangat mempengaruhi keadaan otot-otot pada leher Anda.

Untuk mengatasi hal ini, pertama-tama Anda harus bisa bijak dalam membawa barang. Beri hak bagi tubuh Anda untuk tidak diberi beban yang berlebih.

Selain itu, pilih juga tas dan posisi membawanya.

Bila Anda merasa nyaman dalam membawa ransel dalam waktu yang lama, itu berarti tekanan barang tersebut konsisten dan merata ke seluruh tubuh. 

Hal tersebut mengindikasikan posisi terbaik bagi leher Anda.


4. Mengurangi stres

Cara mudah mengatasi leher kaku selanjutnya adalah dengan mengurangi tingkat stres. Ketika stres, tubuh akan mengalami ketegangan, termasuk pada bagian leher. 

Meskipun tidak selalu berakibat leher kaku, namun bila stres sudah kronis, maka kemungkinan leher kram dan kaku sangat besar. 

Untuk mengatasinya, Anda harus bisa mengatur tingkat stres. 

Berilah waktu liburan di hari-hari tertentu. Anda juga bisa melakukan pijatan, akupuntur, istirahat cukup, tidur teratur, pola makan yang baik, aromaterapi, dan lain sebagainya. 

Dengan cara ini, stres bisa diatur dengan baik, sehingga masalah leher kaku dapat dengan cepat teratasi.


Cara Mudah Mengatasi Leher Kaku | Unknown | 5