Kenali Gejala Sakit Kencing Manis

kenali gejala sakit kencing manis

Kenali Gejala Sakit Kencing Manis - Kencing manis atau diabetes mellitus adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni.

Gejala Sakit Kencing Manis



1. Banyak buang air kecil/kencing

Hal ini disebabkan ginjal tidak dapat menyerap kembali glukosa yang berlebihan di dalam darah.

Glukosa ini akan menarik air keluar dari jaringan, sehingga selain kencing menjadi sering dan banyak, penderita kencing manis juga akan merasa dehidrasi atau kekurangan cairan.


2. Merasa selalu kehausan

Karena dehidrasi, sehingga penderita kencing manis akan selalu ingin minum.


3. Berat badan menurun

Otot tidak mendapat cukup glukosa untuk tumbuh dan energi, maka jaringan otot dan lemak harus dipecah untuk memenuhi kebutuhan energi, nerat badan menjadi turun, meskipun makannya banyak.


4. Keluhan kencing manis dapat menyerupai sakit flu, rasa capek, lemah dan nafsu makan menurun

Pada kencing manis, gula bukan lagi sumber energi, karena glukosa tidak dapat diangkut ke dalam sel untuk menjadi energi.


5. Penglihatan jadi kabur

Glukosa darah yang tinggi akan menarik cairan dari dalam lensa mata, sehingga lensa menjadi tipis, mata mengalami kesulitan untuk fokus dan penglihatan jadi kabur.


6. Luka yang sulit sembuh

Hal ini diakibatkan dari infeksi yang hebat, kuman atau jamur mudah tumbuh pada kondisi gula darah yang tinggi. Kemudian juga disebabkan oleh kerusakan dinding pembuluh darah, aliran darah yang tidak lancar pada kapiler akan menghambat penyembuhan luka.

Disamping itu juga disebabkan kerusakan saraf, luka yang tidak terasa menyebabkan penderita kencing manis tidak menaruh perhatian pada luka dan membiarkannya makin membusuk.


7. Merasa kesemutan

Glukosa yang tinggi merusak dinding pembuluh darah, yang akan mengganggu nutrisi pada saraf. Karena yang rusak adalah saraf sensoris, keluhan paling sering adalah rasa semutan atau tidak terasa, terutama pada tangan dan kaki.

Kemudian dapat timbul rasa nyeri pada anggota tubuh, betis, kaki, tangan dan lengan, bahkan dapat terasa seperti terbakar.


8. Gusi merah dan bengkak

Kemampuan rongga mulut menjadi lemah untuk melawan infeksi, sehingga gusi bengkak dan merah, infeksi, serta gigi tampak tidak rata dan mudah tanggal.


9. Kulit terasa kering, sering gatal dan infeksi

10.Mudah kena infeksi

11.Gatal pada kemaluan

Jika Anda mengalami gejala tersebut diatas, periksakan diri Anda kedokter dan dapatkan pengobatan dengan segera. Untuk pengobatan kencing manis dengan cara tradisional dapat Anda kunjungi di artikel ini Tips Cara Mengobati Kencing Manis



Image Source: google.com
Kenali Gejala Sakit Kencing Manis | admin | 5