Cara Mengobati Asam Urat Paling Manjur

cara mengobati asam urat

Cara Mengobati Asam Urat - Penyakit asam urat dapat terjadi karena tubuh mengonsumsi zat purin secara berlebih. Purin adalah zat yang ada pada setiap bahan makanan yang berasal dari mahluk hidup. 

Pada saat kita mengonsumsi mahluk hidup tersebut maka zat purin yang terdapat di dalamnya berpindah ke tubuh kita. Jenis makanan yang mengandung purin di antaranya adalah: kepiting, kornet sapi, cumi-cumi, udang, jeroan usus, kaldu daging, sarden dan lain-lain. 

Selain terdapat pada mahluk hidup, purin juga terdapat padsa sayur-sayuran dan buah-buahan, seperti: alpukat, emping melinjo, kelapa muda, bayam, asparagus, kembang kol, jamur dan lain-lain.

Purin juga bisa dihasilkan oleh hasil pengerusakan sel-sel tubuh yang terjadi karena normal atau karena suatu penyakit, karena itu tidak heran asam urat dikenal dengan penyakit yang biasa diderita oleh orang yang berusia lanjut.

Namun saat ini disebabkan oleh gaya hidup dan keanekaragaman kuliner yang di sekeliling kita, tidak jarang orang yang berusia muda pun terkena penyakit asam urat atau yang disebut juga dengan nama uric acide atau urate ini. 

Penyakit asam urat ditandai dengan nyeri pada persendian dan dapat menyebabkan bengkak pada kaki anda. Hal ini tentu saja sangat mengganggu aktifitas anda sehari-hari. 



Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena asam urat, yaitu:


Gaya Hidup

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin serta minum minuman yang mengandung alkohol karena alkohol dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.


Faktor Genetik

Seseorang dengan riwayat keluarga yang mempunyai asam urat mempunyai risiko yang besar terkena penyakit ini.


Kondisi Kesehatan

Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi dan diabetes sering dikaitkan dengan asam urat.

Jika anda sudah terkena penyakit ini, anda harus mewaspadai makanan yang dikonsumsi agar penyakit asam urat yang anda derita tidak kambuh dan mengganggu aktifitas sehari-hari. 

Cara lain untuk mengatasi penyakit asam urat, anda dapat menggunakan daun alpukat yang dipercaya mampu mengobati dan mengatasi asam urat. 

Selama ini orang mengenal alpukat sebagai buah yang biasa dijus dan untuk menurunkan kolesterol darah serta mencegah anemia. Namun siapa sangka bahwa ternyata daun alpukat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk mengatasi asam urat karena di dalam daun alpukat terkandung gula alkohol, polifenol dan quersetin. 

Caranya cukup mudah, ambil daun alpukat sebanyak kurang lebih 25 gram lalu potong-potong daun tersebut kemudian rebus dengan 4 gelas air. Rebus sampai mendidih sampai tersisa 2 gelas. Minum rebusan daun alpukat tersebut 1 jam sebelum makan. 

Bila anda memiliki gangguan lambung, tambahkan daun salam, temulawak atau kunyit. Minum air rebusan daun alpukat tadi 3 gelas sehari untuk mengatasi asam urat. Sementara untuk pencegahan anda bisa minum sebanyak 1 gelas sehari. 

Air rebusan ini aman dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena tidak menimbulkan efek samping.

Demikian cara mengobati asam urat secara alami. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: 
Cara Mengobati Asam Urat Paling Manjur | Admin | 5