Kandungan Makanan untuk Mengoptimalkan Otak Anak



Kandungan Makanan untuk Mengoptimalkan Otak Anak - Makanan sangat berpengaruh dalam memaksimalkan otak anak. Gizi anak harus diperhitungkan mulai dari kandungan, karena dari sinilah cikal bakal yang akan menentukan seperti apa anak itu nanti.

Sampai usia anak 2 tahun pertumbuhan otaknya telah selesai sebanyak 90%. Setelah itu hanya tersisa 10% saja untuk menumbuhkan otak anak. Jika otak sudah terbentuk dan tidak diatur sedemikian rupa maka seluruh pesan yang akan disampaikan melalui makanan ke otak tidak akan pernah sampai.

Namun tidak ada kata terlambat atau khawatir untuk memula suatu perubahan. Orangtua harus bisa memaksimalkan sisa otak yang 10% tersebut agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Lalu bagaimana orangtua tahu anaknya sehat atau tidak? 

Jawabannya sederhana, lihatlah dari tinggi badannya dan bukan dari berat badannya, kalau anak Anda kurus tak perlu khawatir, asal tinggi badannya sesuai dengan table gizi.

Ternyata tinggi badan sangat berhubungan positif dengan kecerdasan. Berdasarkan penelitian jumlah sel otak anak-anak yang pendek lebih sedikit dibandingkan dengan anak yang tinggi.

Apalagi setelah anak berusia limabelas tahun, tinggi badannya sudah tidak bisa dikejar lagi. Tinggi pendeknya tubuh juga dipengaruhi oleh faktor genetic sebanyak 5%. Jika genetiknya sudah pendek tak perlu khawatir lagi yang terpenting adalah memaksimalkan anak.

Caranya adalah dengan memberikan makanan yang berkualitas untuk anak terutama ketika anak masih kecil. Berbeda pada saat sudah dewasa mereka bisa mengonsumsi makanan apa saja tanpa memilih.

Sayur dan buah

Dua makanan terpenting yang harus dikonsumsi anak yaitu sayur dan buah. Jika dalam sehari saja anak tidak diberikan buah dan sayur maka pertumbuhannya tidak akan optimal. Keduanya tidak bisa ditukar dengan apapun karena adanya mikro-nutrien di sayur dan buah. Inilah yang harus dikejar untuk mengoptimalkan otak anak berusia lebih dari dua tahun.

Yang harus dikejar selanjutnya adalah anak berkembang tak hanya dari kemampuan otaknya saja tapi juga kemampuan beradaptasi dan psikisnya. Makanan bisa merangsang kerja sel saraf otak yang sudah terbentuk, bisa saja sel banyak tetapi ternyata tidak bisa dipakai karena makanan yang dikonsumsi tidak mendukung.

Tapi ada juga yang terbentuknya cuma sedikit tapi bisa membaca kondisi di sekitarnya dengan cara mengaktifkan sel sarafnya untuk kecerdasan. Hati-hati kecerdasan bukan hanya dilihat dari nilai yang bagus saat di sekolah.
Perhatikan juga bagaimana anak menerima pengetahuan tentang makanan yang di konsumsinya. Misalnya anak disuruh makan sayur karena anak mengerti betapa pentingnya sayur tersebut.

Kandungan makanan untuk mengoptimalkan otak anak

Makanan yang dikonsumsi anak harus mengandung:

Protein

Mulai dari ayam, ikan, telur, susu,, tahu, tempe. Protein sangat dibutuhkan anak karena sel anak masih bertumbuh dan berkembang. Pilihlah protein yang ada asam lemaknya. Misalnya ikan salmon, selain mengandung protein ada juga asam esensialnya. Daging merah ada protein dan zat besi. Susu ada protein dan kalsium.

Zinc

Adanya di seluruh makanan laut dan sayur seperti buncis. Kekurangan zinc akan terlihat saat rambut mengalami kebotakan. Pada saat remaja zinc dibutuhkan untuk hormone seksual testoteron.

Kalsium

Kalsium ada di seluruh susu dan hasil olahannya seperti keju dan roti. Jangan sampai anak mengalami keropos tulang apalagi saat tulangnya sedang berkembang. Jika didalam tubuh anak tidak berisi partikel kalsium tulangnya tetap tumbuh tapi lunak. Akibatnya saat anak jatuh tulangnya akan mudah patah.

Sumber kalsium kedua adalah seluruh ikan yang dimakan dengan tulangnya. Jika hanya memakan daging ikan saja tidak ada kalsiumnya. Makanlah ikan seperti teri basah, teri tawar tapi jangan yang asin. Kalaupun asin sebaiknya direndam dulu di air baru diolah.

Sumber kalsium ketiga ada di seluruh sayuran berwarna hijau. Sangat penting memberikan anak sayuran hijau setiap harinya.

Glukosa

Glukosa banyak terdapat di pisang dan alpukat tapi jangan memberikan glukosa dari gula pasir. Anak harus menurunkan jumlah konsumsi gula karena akan membuat tubuh anak menjadi lemah.
Misalnya saat anak hendak melakukan pekerjaan berat jangan diberi teh manis atau susu campur gula. Berikan seminimal mungkin gula buat anak.

Asam folat

Asam folat tertinggi ada di jeruk, sesekali peraskan jeruk sebanyak setengah kilo tanpa tambahan apa-apa. Anak yang kekurangan asam folat dalam tubuhnya akan membentuk zat homosistein. Zat ini adalah hasil dari metabolism protein yang tidak bisa kembali ke wujudnya jika asam folatnya rendah. Akibatnya anak jadi sulit menginterpretasikan apa yang masuk ke otaknya.

Tiga kelompok

Yang jelas semua makanan yang masuk ke dalam tubuh anak akan menjadi bagian yang akan membentuk tubuh, perasaan dan pikiran anak. Jika anda ingin emosi anak baik maka makanan yang diberikan ke anak juga harus tepat buat anak. Yang tidak tepat adalah sering memberikan makanan yang diolah dengan cara digoreng, diolah dengan gula berlebihan karena akan merusak tubuh dan pikiran. Cobalah kembali ke penggunaan bumbu tradisional agar aman.

Selain itu batasi pemakaian gula dalam minuman dan kue. Berbeda dengan penggunaan gula dalam masakan tidak apa-apa karena penggunaannya hanya sedikit sekitar 2—3 gram.
Jadi ketika membuat jus jangan ada tambahan air, biarkan air diperoleh dari buahnya. Jika buah yang akan di jus tidak mengandung banyak air misalnya pepaya, tambahkan saja perasan air jeruk.

Banyak yang bilang ayam goreng dan mie itu tidak baik, padahal tidak ada makanan yang jelek. Makanan tersebut menjadi tidak bagus kalau makan nasi hanya dengan ayam goreng saja tanpa sayur-sayuran. 
Itulah mengapa sebagai orangtua terutama para ibu harus pintar memadupadankan makanan. Dalam sekali makan harus ada 3 kelompok bahan yang dikonsumsi yaitu karbohidrat, protein, buah dan atau sayur.

Kandungan Makanan untuk Mengoptimalkan Otak Anak | Unknown | 5