7 Khasiat Daun Salam bagi Kesehatan


Khasiat Daun Salam bagi Kesehatan

Khasiat Daun Salam bagi KesehatanDaun salam dalam bahasa latin disebut Syzygium Polyanthum. Biasanya daun salam digunakan sebagai bumbu masakan, semisal sayur dan tumis. Selain dapat memberikan rasa yang lezat pada hidangan sehari-hari, ternyata ada beragam khasiat daun salam bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui. Sebagian kecil di antaranya bisa Anda ketahui pada penjelasan di bawah ini.

Khasiat Daun Salam


1. Kontrol stress

Daun salam memiliki satu senyawa unik bernama lonalool, yang juga ada pada beberapa tanaman herbal lain, semisal basil dan thyme

Lonalool dipercaya dapat membantu tubuh dalam menurunkan hormon terkait stress, sekaligus sebagai media aromaterapi alami. 

Dengan sifat tersebut, daun salam dapat membantu dalam melawan stress, membuat pikiran lebih tenang, dan terhindar dari kegelisahan.


2. Agen anti-inflamasi

Khasiat daun salam bagi kesehatan selanjutnya yaitu sebagai agen anti-inflamasi. 

Menurut penelitian, daun salam mengandung senyawa bernama parthenolide yang dapat digunakan sebagai obat oles bagi luka iritasi dan peradangan. 

Dengan sifat anti-inflamasinya tersebut, daun salam juga dipercaya bisa membantu mengatasi masalah-masalah yang lebih serius, seperti arthritis dan nyeri pada sendi.


3. Baik untuk jantung

Daun salam juga mengandung senyawa bernama rutin dan asam caffeic. Kedua senyawa tersebut dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Senyawa rutin diteliti dapat meningkatkan kekuatan kapiler jantung. Sedangkan asam caffeic bisa membantu melawan kolesterol jahat, sehingga penyakit kardiovaskular dapat dicegah.


4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Selain untuk jantung, ternyata daun salam juga baik untuk organ-organ tubuh lainnya, termasuk saluran pencernaan. 

Daun salam diteliti bisa membantu merangsang buang air kecil secara alami. 

Daun salam juga dapat membantu mengatasi keadaan pencernaan saat keracunan dan juga sebagai toksisitas bagi tubuh.


5. Membantu mencegah kanker

Seperti disebutkan sebelumnya, daun salam memiliki senyawa linalool. Selain itu, ternyata masih ada lagi senyawa yang ada pada daun ini. Sebut saja ada parthenolide, catechin, antioksidan, dan fionutrien

Senyawa-senyawa tersebut dipercaya dapat menjadi benteng bagi tubuh dalam melawan radikal bebas. Sedangkan kita perlu ketahui bersama bahwa radikal bebas merupakan salah satu pemicu tumbuhnya sel kanker pada sel-sel yang sehat.


6. Baik untuk rambut

Bagi Anda yang bingung memilih obat herbal untuk menjaga kesehatan rambut, maka Anda bisa mencoba daun salam. Anda bisa menggunakan daun salam sebagai masker rambut. Sifatnya yang mudah menguap membuat daun salam cocok dijadikan masker. 

Nantinya daun salam akan membantu Anda dalam melembapkan kulit kepala dan membantu menghilangkan kotoran-kotoran yang melekat. 

Hal tersebut membuat daun salam efektif dalam mencegah munculnya ketombe. Selain itu, daun ini juga baik untuk folikel rambut.


7. Kontrol diabetes

Khasiat daun salam bagi kesehatan yang terakhir berkenaan dengan diabetes. 

Daun salam dipercaya dapat membantu tubuh mengontrol kadar gula dalam darah, sekaligus juga dapat menjadi reseptor, sehingga insulin dapat meningkat produksinya. 

Dengan peningkatan insulin, akan lebih banyak gula yang tersalurkan ke dalam sel-sel tubuh.

Baca Juga:



7 Khasiat Daun Salam bagi Kesehatan | Unknown | 5