Cara Mengatasi Anyang-anyangan


cara mengatasi anyang-anyangan

Cara mengatasi anyang-anyangan – Apa kamu pernah terasa sakit dan panas di saat buang air kecil? Kalau kamu pernah mengalaminya, kemungkinan besar kamu mengalami anyang-anyangan.  Tentu saja hal ini sangat menyebalkan karena di saat kamu mengalami anyang-anyangan, keinginan untuk buang air kecil sangat menggebu-gebu tapi ketika dikeluarkan air yang keluar sedikit sekali dan juga terasa panas. 
Nah supaya kamu tidak berulang kali mengalami hal yang menyebalkan tersebut, ada baiknya kamu simak artikel di bawah ini yang membahas penyebab dan cara mengatasi anyang-anyangan. 

Mungkin menurut sebagian orang, anyang-anyangan bukan merupakan suatu penyakit tapi hanya disebabkan karena kurangnya asupan air putih yang dikonsumsi oleh tubuh. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah tapi juga tidak seluruhnya benar. Anyang-anyangan pada dasarnya adalah suatu penyakit yang sangat erat hubungannya dengan infeksi saluran kemih dan siapa saja dapat mengalaminya. 

Hal yang paling sering dianggap sebagai penyebab terjadinya anyang-anyangan adalah kurangnya asupan air putih atau dehidrasi putih apalagi bila kekurangan air putih ini dibarengi dengan aktifitas fisik yang cukup berat seperti misalnya berolahraga. 

Penyebab Anyang-anyangan

Faktor lain penyebab terjadinya penyakit anyang-anyangan ini yaitu:
  • Sering menahan keinginan untuk buang air kecil. Biasanya disertai dengan rasa nyeri yang hebat yang menjalar sampai ke pinggang, mual bahkan berdarah pada saat buang air kecil dan besar. Hal ini juga dapat menjadi penyebab terjadinya batu saluran kemih.
  • Adanya infeksi saluran kemih (ISK). Biasanya kondisi ini disertai dengan beberapa gejala, seperti rasa sakit ketika buang air kecil, bau urine yang sangat menyengat, bagian perut bawah terasa tidak nyaman, demam dan pada saat buang air kecil mengeluarkan darah.
  • Otot di sekitar kantong kemih yang dipengaruhi oleh gangguan saraf sehingga mengganggu proses membuang air kecil.
  • Cara basuhan yang salah setelah buang air besar. Cara membasuh yang benar adalah dari arah depan ke belakang sehingga bakteri E-Coli tidak dapat masuk ke saluran kemih. Bagi kaum wanita harus melakukan cara pembasuhan dengan benar karena jika salah melakukannya, yaitu membasuh dari belakang ke depan berarti kamu memberi kesempatan bagi bakteri E.Coli untuk masuk ke saluran kemih kamu dengan mudah.
  • Kurangnya kebersihan pakaian dalam, khususnya celana dalam. Hal ini dapat menyebabkan bakteri E.Coli dapat dengan mudah tumbuh subur.


Ciri-ciri dari anyang-anyangan sangat mudah diketahui karena kamu dapat langsung merasakan efeknya, di antaranya adalah:

  • Kemaluan terasa terbakar dan panas.
  • Urine yang keluar hanya sedikit dan warnanya lebih pekat.
  • Keinginan untuk buang air kecil kembali tapi tidak ada urine yang keluar.
  • Bagian perut bawah terasa sakit

Biasanya penyakit anyang-anyangan ini dapat sembuh dengan sendirinya apabila kamu banyak minum air putih.  Tapi penyakit anyang-anyangan ini bisa juga menimbulkan demam sehingga apabila dibiarkan maka dapat menimbulkan infeksi saluran kemih yang lebih parah.

Karena penyakit anyang-anyangan ini disebabkan oleh bakteri E.Coli maka pengobatan yang dilakukan untuk mengobati penyakit ini harus menggunakan obat anti bakteri. Obat anti bakteri ini bisa didapatkan dari bahan-bahan alami dan tradisional atau bisa juga menggunakan obat-obatan kimia. 

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Beberapa cara mengatasi anyang-anyangan adalah sebagai berikut:

1. Minum Air Putih

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu penyebab timbulnya anyang-anyangan adalah kurangnya asupan air putih yang diterima oleh tubuh. Oleh karena itu salah satu cara mengatasi anyang-anyangan yaitu dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Air adalah komponen penting untuk kehidupan manusia sehingga tanpa air yang cukup maka kehidupan manusia tidak dapat berjalan dengan normal. 

Bagi seseorang yang suka menahan buang air kecil, peran air putih sangat diperlukan untuk menghindarinya dari bencana anyang-anyangan. Di saat orang tersebut menahan keinginan untuk buang air kecil maka air seni yang dihasilkan akan menjadi berat dan keruh sehingga menyulitkan saluran kandung kemih untuk mengeluarkannya. Di sinilah air putih sangat berperan untuk menjadikan air seninya menjadi normal kembali.

2. Daun Kumis Kucing

Jika kamu selama ini menyangka bahwa tanaman kumis kucing hanya bisa dijadikan sebagai tanaman hias saja, kini saatnya kamu merubah persepsi tersebut karena daun kumis kucing ternyata dapat juga dipakai untuk mengobati penyakit anyang-anyangan. 

Cara mengatasi anyang-anyangan menggunakan kumis kucing juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Terlebih dulu siapkan bahan-bahan yang akan digunakan, yaitu beberapa daun kumis kucing yang sudah dijemur hingga kering dan gula merah atau biasa dikenal dengan gula jawa.
  • Setelah itu seduh daun kumis kucing tersebut seperti kamu menyeduh teh. Apabila terasa pahit, kamu dapat menambahkan gula jawa tadi.
  • Tunggu sampai air seduhan tadi menjadi hangat.
  • Aduk rata sampai air seduhan kumis kucing dan gula jawa menyatu kemudian minum.

Minum air seduhan kumis kucing ini tiga kali dalam sehari sampai anyang-anyangan kamu sembuh. Yang harus kamu perhatikan, kamu harus menggunakan gula jawa sebagai pemanis dan jangan menggantinya dengan gula pasir karena gula pasir dapat menghambat kinerja daun kumis kucing tersebut.


3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang kaya akan kandungan vitamin C nya dipercaya mampu mengatasi bermacam-macam masalah kesehatan, salah satunya adalah mampu mengatasi anyang-anyangan. 

Cara yang harus dilakukan untuk mengatasi penyakit anyang-anyangan menggunakan jeruk nipis sangatlah mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Belah satu jeruk nipis segar menjadi dua kemudian peras.
  • Campur air perasan jeruk nipis tadi dengan segelas air hangat. Tambahkan gula agar tidak terlalu asam.
  • Minum sampai habis

Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari supaya anyang-anyangan kamu cepat hilang. 


4. Buah Sirsak

Buah sirsak yang selama ini dikenal sebagai bahan untuk juice buah, ternyata bisa juga dijadikan obat untuk mengatasi anyang-anyangan. Berikut cara mengatasi anyang-anyangan dengan buah sirsak:

  • Siapkan buah sirsak yang setengah matang lalu kupas
  • Tuang dua gelas air ke dalam panci lalu rebus buah sirsak tersebut. Tambahkan gula pasir secukupnya.
  • Gunakan api kecil pada saat merebus sirsak. 
  • Setelah dirasa matang, saring air rebusan tadi dan tunggu sampai hangat.
  • Minum selagi hangat dan lakukan secara teratur sebanyak tiga kali dalam sehari.


5. Jus Cranberry

Buah ini kaya akan vitamin C yang mampu mengobati serta mencegah anyang-anyangan datang lagi. Yang harus diperhatikan, jus cranberry ini mempunyai rasa yang asam sehingga bagi penderita maag dianjurkan untuk makan terlebih dulu sebelum meminum jus ini atau bisa juga menambahkan gula ke dalamnya agar rasa asamnya berkurang.


6. Melakukan Pijat Refleksi

Kamu mungkin sering mendengar istilah pijat refleksi, yaitu memijat titik-titik syaraf yang ada di telapak kaki. Cara ini cukup manjur untuk mengatasi anyang-anyangan karena pemijatan dilakukan dengan cara memijat bagian syaraf yang berhubungan dengan saluran kemih. 

Untuk melakukan pemijatan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu harus memakai tenaga ahli yang paham betul letak titik syaraf yang berhubungan dengan saluran kemih agar penyakit anyang-anyangan kamu dapat segera teratasi. 


7. Mengikat Jempol Kaki

Mungkin terasa lucu kedengarannya dan tidak masuk akal tapi ternyata cara mudah ini sudah lama dipercaya mampu mengatasi penyakit anyang-anyangan. Kamu cukup mengikat erat jempol kaki kamu menggunakan karet gelang sampai rasa sakit kamu dan anyang-anyangan kamu hilang. 
Bila dikaitkan dengan pijat refleksi, mungkin ini salah satu cara mudah untuk melakukan pijat refleksi karena bisa jadi titik-titik syaraf yang berhubungan dengan saluran kemih berada di jempol kaki.


8. Kompresan Air Hangat

Cara lain untuk mengatasi anyang-anyangan adalah dengan mengompres bagian pusar hingga bagian bawah pusar dengan air hangat. Mengapa bagian pusar dan bagian bawah pusar yang harus dikompres? 
Hal ini karena bagian tersebut berhubungan langsung dengan saluran kemih dan kandung kemih sehingga air hangat dapat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri di bagian tersebut. selain itu air hangat yang dikompreskan mampu membuat peredaran darah menjadi lancar kembali.

Cara mengatasi anyang-anyangan dengan kompresan air hangat adalah sebagai berikut:
  • Isi botol kaca dengan air hangat.
  • Kompres atau gosokkan botol tersebut ke pusar dan bagian bawah pusar kamu selama 5 menit.
  • Ulangi lagi secara teratur sampai anyang-anyangan kamu hilang dan rasa sakit yang dirasa menjadi berkurang.


9. Antibiotik

Cara mengatasi anyang-anyangan dapat juga dilakukan dengan menggunakan obat-obatan kimia, seperti antibiotik. Agar mengetahui antibiotik apa yang tepat untuk mengobati penyakit anyang-anyangan, kamu harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan resep yang tepat. Ikuti anjuran mengonsumsi obat seperti yang tertera di labelnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


10. Obat Anti Jamur

Pada saat kamu ke dokter, dokter akan memeriksa penyebab dari penyakit anyang-anyangan yang kamu derita. Jika terbukti bahwa penyakit anyang-anyangan kamu disebabkan oleh jamur maka dokter akan memberikan obat anti jamur. Obat tersebut bertujuan untuk menghentikan perkembangbiakan jamur di bagian kandung kemih sehingga penyakit anyang-anyangan kamu dapat disembuhkan. 


11. Obat Anti Virus dan Obat Anti Parasit

Kamu akan diberikan obat anti virus dan obat anti parasit jika ternyata penyebab penyakit anyang-anyangan kamu disebabkan oleh virus dan parasit. 

Demikian beberapa cara mengatasi anyang-anyangan dan penyebabnya, semoga bermanfaat.


Cara Mengatasi Anyang-anyangan | Unknown | 5