Khasiat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

Khasiat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

Khasiat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan - Buah manggis atau kulit buah manggis, tentunya kita sudah sangat sering mendengar bukan? Bahkan mungkin sering mengkonsumsi buahnya. 

Namun bagaimana dengan pengkonsumsian kulit buah manggis yang diolah dan ternyata banyak berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Apakah anda pernah mendengarnya?

Kenyataan banyak dibuktikan melalui beberapa penelitian yang dilakukan bahwa kulit buah manggis ternyata mengandung zat-zat aktif yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit pada tubuh manusia.

Jika daging buah manggis banyak mengandung nutrisi yang salah satunya adalah vitamin C, maka zat yang terdapat dalam kulit buah manggis ternyata mengandung anti oksidan yang tinggi dan juga zat xanthone (zat langka) atau jarang ditemukan dalam bahan-bahan makanan, maka kulit buah manggis merupakan penghasil zat xanthone alami. Dalam zat tersebut banyak potensi manfaat yang antara lain, sebagai anti oksidan, anti alergi, anti peradangan, anti tuberculosis dan anti tumor.

Di dalam zat yang terkandung dari kulit buah manggis tersebut banyak khasiat yang didapatkan dalam usaha penyembuhan penyakit, antara lain luka, diare, radang sendi, TBC, tekanan darah tinggi, kolesterol, asam urat, sakit pinggang, dan masih banyak lagi. 

Selain itu dapat mencegah beberapa penyakit yang belum tumbuh ataupun akan muncul pada tubuh anda, antara lain mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, meringankan migran, meringankan sakit kepala, mengurangi kesakitan pada saat menopause, yang terpenting adalah mampu membuat tubuh menjadi sehat dan segar kembali.


Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Kulit Buah Manggis


Bahannya antara lain:

kulit buah manggis, daun buah sirsak, air putih.

Alat-alatnya antara lain:

Blender, pisau, sendok dan gelas

Cara Pengolahan Kulit Buah Manggis

1. Siapkan beberapa helai daun buah sirsak, cuci hingga bersih,

2. Kemudian siapkan kulit buah manggis, cuci hingga bersih, kemudian kuliti dan siap masukkan kedalam blender,

3. Selanjutnya masukkan kedalam blender, campurkan keduanya antara kulit manggis dan daun sirsak,

4. Berikan sedikitnya setengah gelas air putih didalam olahan jus kulit buah manggis tersebut,

5. Air jus dari penghancuran tersebut dapat diminum secara rutin selama seminggu 2-3 hari per gelas.

Selain sangat berkhasiat bagi kesehatan, kulit buah manggis juga berkhasiat untuk kecantikan. Dalam hal ini kesehatan tubuh yang stabil, tanda-tanda penuaan kulit wajah anda. Dimana zat antioksidan tersebut sangat berkhasiat untuk memperlambat penuaan dini pada kulit, kemudian menghilangkan kulit keriput.


Cara pengolahan yang kedua


1. Siapkan kulit buah manggis, pastikan anda sudah memisahkan antara kulit keras, kulit dalam, buah dan bijinya sekalipun,

2. Kemudian ambillah bagian yang keras pada kulit manggis,

3. Siapkan ethanol, kemudian taruh kedalam tempat pengolahan, dimana pengolahan antara ethanol dan air perbandingannya 1:2

4. Setelah diblender, endapkan terlebih dahulu selama 24 jam, ketika sudah 24 jam pisahkan antara ekstrak xanthon dengan ampas kulit manggis tersebut
Ekstrak kulit manggis siap dikonsumsi.

Demikian artikel tentang khasiat kulit buah manggis dan cara mengolahnya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Khasiat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan | Admin | 5