Bahaya Kolesterol dan Makanan Penangkalnya

Anda mungkin bertanya-tanya di dalam hati, apakah memang benar kolesterol itu berbahaya? Jawabannya ialah tidak jika kolesterol dalam kadar yang cukup, kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembangkit tenaga anda untuk melakukan suatu hal yang anda kerjakan. Nyatanya kolesterol pada tubuh kita dihasilkan melalui pola makan keseharian anda, makanan yang anda kosumsi mungkin banyak mengandung kolesterol ataupun lemak jenuh yang berbahaya bagi darah dan kesehatan tubuh anda. Anda harus mulai mengenali makanan apa yang seharusnya anda hindari dan anda konsumsi. Seperti halnya yang telah banyak orang ketahui bahwa daging kambing mengandung kolesterol yang cukup tinggi dan tingkat lemak jenuh yang cukup membahayakan bagi tubuh anda. Oleh karena itu anda sebaiknya mengkonsumsinya sekedarnya atau secara normal dan tidak berlebihan, paling tidak untuk kadar makanan seperti daging kambing anda hanya cukup mengkonsumsinya sebulan sekali. Selain itu minyak kelapa dan santan juga meningkatkan kolesterol yang ada ditubuh.
Sebenarnya kolesterol dalam tubuh sangat berguna bagi beberapa hal seperti, pembentukan vitamin D, penyerapan lemak esensial untuk pembentukan hormone, hanya saja hal tersebut dapat berlaku jika kadar kolesterol normal. Jika terjadi sebaliknya, kolesterol anda meninggi maka akan menimbulkan beberapa penyakit seperti darah tinggi dan stroke yang akan menyebabkan kematian jika tidak segera ditanggulangi inti masalahnya. Tentunya hal itu dapat dihindari jika anda rajin berolah raga dan menjaga pola makan yang sehat bagi anda.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa makanan yang dapat menangkal terjadinya kelebihan kolesterol pada tubuh yang tentunya dapat sangat membahayakan bagi kesehatan tubu anda.


  • Kacang-kacangan

Didalam jenis kacang-kacangan terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang diketahui dan telah dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.


  • Oat dan biji-bijian

Kandungan protein pada bahan makanan ini sangat baik dikonsumsi dalam tubuh karena kandungan protein yang cukup tinggi dan kandungan lemak jenuh yang rendah.


  • Teh

Melalu penelitian diketahui bahwa didalam the ternyata banyak mengandung zat antioksidan yang dapat membantu merilekskan pembuluh darah dan menghindari pembekuan darah. Maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsinya paling tidak sehari sekali baik dalam kondisi panas ataupun dingin.


  • Susu kedelai dan tempe

Susu kedelai mengganti susu biasa yang anda konsumsi, sedangkan tempe dapat digunakan untuk mengganti kebutuhan tubuh terhadap protein dari daging-dagingan. Dengan alasan didalam kedua bahan tersebut mengandung kolesterol yang rendah.


  • Buah dan sayuran

Jenis buahnya antara lain apel, jeruk dan anggur, sedangkan untuk sayurnya ialah kol, bawang putih dan ubi jalar dimana dari bahan tersebut terdapat bahan yang dapat menurunkan kolesterol dan bahkan terbebas dari kolesterol.
Bahaya Kolesterol dan Makanan Penangkalnya | TipsPengobatan Alami | 5