Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh. Buah mengkudu atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah pace ialah buah yang tumbuh di dataran rendah sampai di ketinggian 1500 meter. Tanaman ini umumnya memiliki tinggi pohon sekitar 3 – 8 meter, dimana buahnya berbentuk bonggolan yang pada saat masih muda berwarna hijau dengan bintik cokelat dan ketika sudah masak akan berwarna putih dengan bintik berwarna hitam. Berikut beberapa kandungan zat yang terkandung pada buah mengkudu antara lain :


1. Nutrisi

Dalam buah mengkudu atau pace terdapat kandungan selenium yang merupakan zat antioksidan yang sangat ampuh bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi, selain zat nutrisi ada juga zat protein, vitamin dan juga mineral, oleh karena itu bisa dikatakan bahwa buah mengkudu memiliki sumber kandungan zat yang cukup lengkap dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

2. Anti bakteri

Zat anti bakteri yang ada dalam buah mengkudu sangat baik untuk menghindari infeksi bagi luka, dan sangat baik untuk mengontrol bakteri yang bernama patogen.

3. Zat anti kanker

Zat ini sangat baik untuk melawan sel-sel abnormal yang ada pada kanker.

4. Terpenoid

Zat ini sangat berguna untuk mengembalikan kembali fungsi sel-sel yang telah rusak pada tubuh anda, selain itu dapat membantu juga dalam proses sintesis organic.

Seperti yang kita ketahui umumnya buah mengkudu memiliki bau yang cukup menyengat namun meskipun begitu buah mengkudu memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh manusia jika sudah diolah.


Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh :



1. Melancarkan pencernaan

Dalam konsumsi yang teratur ternyata buah mengkudu dapat sangat berguna bagi kesehatan usus, lambung dan organ-organ pencernaan anda, selain itu penyakit seperti sakit perut, perut kembung, usus luka, ataupun radang usus sangat baik jika mencoba untuk mulai mengkonsumsi buah mengkudu.

2. Menetralisir tekanan darah

Zat fitronutrien yang terkandung dalam buah mengkudu sangat baik untuk melebarkan pembuluh darah yang akan membuat kerja jantung tidak terlalu keras, sehingga tekanan darah menjadi nomal kembali.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Didalam buah mengkudu ternyata terdapat kandungan zat yang dapat membangkitkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus, sehingga akan membantu tubuh untuk melindungi dari bakteri. 
Contohnya ketika sakit perut; sangat baik jika mengkonsumsi buah ini, dengan cara mengambil 2-3 lembar daun buah mengkudu lalu ditumbuk sampai halus, lalu campurkan dengan air panas, kemudian saring dan seduh.

4. Hipertensi

Hipertensi atau yang sering kita sebut dengan darah tinggi, caranya mudah hanya perlu siapkan 2 buah mengkudu masak yang telah diperas dan kemudian tambahkan dengan satu sendok madu, saring kemudian minum 2 kali dalam sehari.

Demikian beberapa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh, semoga dapat bermanfaat.
Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh | Admin | 5