Tips Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Telinga yang sehat dapat memberikan pengaruh yang baik pada tubuh kita, bayangkan saja jika telinga anda mengalami penyumbatan ataupun gangguan telinga lainnya, tentu komunikasi yang anda lakukan akan terganggu dan membuat anda menjadi tidak nyaman.

Melalui penelitian ternyata diketahui lebih dari 1000 orang telah megalami gangguan telinga. Gangguan telinga sering kali dikaitkan dengan maasalah usia atau penuaan, namun telah banyak ditemukn bahwa gangguan telinga juga ternyata sudah mulai terjadi pada anak-anak. Hal itu tentunya disebabkan oleh berbagai hal, contohnya faktor genetik, tumor, sumbatan, kotoran telinga, benda asing yang masuk, infeksi, mendengar suara yang keras atau bahkan pengaruh obat-obatan. Hal tersebut banyak ditakutkan akan mempengaruhi fungsi utama dari telinga yaitu pendengaran, dimana ditakutkan pendengaran akan hilang secara permanen. Maka dari itu anda harus sering melakukan pengontrolan dan perawatan terhadap telinga anda untuk menghindari hal-hal tersebut.

Tips Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Beberapa hal seperti telinga berdenging, tidak mendengar suara dengan jelas, hanya mampu memahami orang berbicara melalui gerak-gerik bibir, dan sebagainya, merupakan ciri dari telinga yang mengalami gangguan. Hal tersebut terjadi karena terlalu seringnya telinga untuk mendengar sumber-sumber suara yang cukup keras yang dapat mengganggu organ dalam telinga seperti gendang telinga untuk melakukan tugasnya.

Dibawah ini beberapa cara untuk melakukan hal-hal mudah yang dapat menjaga kesehatan telinga anda, antara lain :

Hindari kebisingan
Seperti yang telah dibahas gangguan telinga terjadi karena telinga terlalu sering diberikan sumber suara yang keras, sehingga pada saat normalnya telinga akan sulit beradaptasi kembali ke keadaan normal dimana terjadi keheningan. Hal ini biasanya teradi di daerah perkotaan yang merupakan pusat industri dan lain sebagainya, sehingga terjadi kebisingan.

Bersihkan telinga
Hal paling mudah yang dilakukan ialah dengan menjaga kebersihan telinga anda, pastikan seminggu sekali anda melakukan pembersihan pada area telinga anda, namun disarankan agar anda tidak terlalu berlebihan dalam membersihkan telinga, hindari bagian telinga dalam anda ketika anda membersihkannya, jauhkan dari benda yang cukup tajam yang mungkin bisa saja merusak gendang telinga anda sewaktu anda membersihkannya.

Diet
Tentunya anda bertanya-tanya apakah ada hubunganya antara diet dengan kesehatan telinga, dan memang buktinya ada, diet yang dilakukan ialah diet kaya vitamin, seng dan asam folat. Tujuaannya ialah untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk juga kesehatan telinga . Caranya ialah dengan menghindari konsumsi gula, kafein, rokok dan bahan pemanis buatan.

Kontrol ke dokter
Ketika terjadi gejala-gejala gangguan telinga seperti berdenging, ataupun sulit mendengar sebaiknya anda segera memeriksakan dan berkonsultasi dengan dokter, hindari untuk melakukan hal-hal seperti, mengorek-orek telinga dengan menggunakan benda asing dan lain sebagainya, yang terbaik ialah segera periksakan ke dokter.
Tips Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat | Admin | 5