Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata. Mata merupakan salah satu indera yang ada pada tubuh manusia. Dengan mata yang sehat kita dapat memanfaatkan fungsinya yaitu untuk melihat segala keindahan yang ada di dunia ini. Namun bagaimana jika anda menderita salah satu penyakit mata? Seperti sakit mata, minus, plus ataupun penyakit mata lainnya. Semoga itu belum terjadi pada anda.

Mata yang sehat ialah mata yang secara normal dapat melihat tanpa adanya bantuan alat apapun. Jika kita mengingat makanan yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata, tentu kita akan langsung teringat pada wortel. Ya, itu memang benar. Wortel merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin A. Mata yang tidak sehat dapat diatasi dengan memperbanyak konsumsi wortel, selain itu dalam perawatannya juga harus banyak memperhatikan banyak hal.


Cara Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata anda :

  • Lakukan pemeriksaan mata secara rutin

Pemeriksaan mata, merupakan cara pertama yang dilakukan oleh anda untuk mengetahui kondisi kesehatan dari mata anda.


  • Lakukan kebiasaan hidup sehat

Maksudnya adalah dalam menjaga kesehatan mata anda harus memperhatikan kebiasaan yang sering anda lakukan seperti, hindari membaca ditempat gelap, hindari membaca buku sambil tiduran, hindari membaca terlalu dekat, dsb. Alasannya karena hal-hal tersebut dapat merusak kesehatan fungsi mata dan menimbulkan rabun dekat pada anda.


  • Hindari pemakaian alcohol dan merokok

  • Perhatikan posisi baca

Maksudnya adalah ketika anda membaca perhatikanlah jarak baca anda, menurut enelitian paling tidak kita harus mengidealkan jarak pandang baca sekitar 30cm dari ojek bacaan, selain itu posisi yang dimaksud adalah mengenai rutinitas keseharian kita yang membiasakan membaca sambil tengkurap ataupun tiduran yang akan member dampak kelainan pada mata.


  • Hindari mata terlalu lama memandang monitor

Kegiatan keseharian yang menuntut anda harus setiap saat berhadapan dengan monitor laptop ataupun hape, sebenarnya dapat berdampa buruk pada kesehatan mata. Hal itu disebabkan karena terserapnya radiasi elektronik pada mata yang sering memberikn dampak meluas pada kesehtn lainya seperti, pusing, mata lelah, mual dsb. Jalan keluar yang harus anda lakukan adalah dengan mengistirahatkan mata anda, paling tidak sekitar 1-2jam agar terhindar dari monitor, selain itu tidur juga merupakan salah satu cara lain yang dapat mengembalikan lelah pada mata.


  • Memakai pelindung mata

Pelindung yang dimaksud adalah berupa kacamata, kacamata yang digunakan bisa berupa kacamata anti sinar matahari, ataupun yang lainnya. Jadi selain kaamata digunakan sebagai penunjang fashion, dapat juga digunakan dalam usaha melindungi kesehatan mata dari sinar matahari ataupun dari debu-debu udara yang dapat memberi dampak yang buruk bagi kesehatan mata anda.

Cara Menjaga Kesehatan Mata | Admin | 5