Penyebab Sinusitis dan Cara Pengobatannya

Sinusitis merupakan penyakit radang yang terjadi pada rongga sinus dibagian hidung, yang menyebabkan hidung tersumbat, sakit kepala dan lain sebagainya. Beberapa penyebab sinusitis antara lain :

Penyebab Sinusitis dan Cara Pengobatannya

Alergi
Alergi disebabkan oleh senyawa atau bahan allergen yang ditolak oleh tubuh dan menyebabkan reaksi yang kurang baik pada tubuh dan orang yang menderitanya merasa tidak nyaman. Biasanya respon alergi tersebut dengan adanya pembengkakan dan radang, namun jika pembengkakannya terjadi pada daerah sinus maka akan terjadi penyumbatan pada daerah sinus yang akan menyebabkan terjadinya sinusitis.

Infeksi pada gigi
Ternyata infeksi yang terjadi ialah dengan dipacunya pada gigi geraham atas maupun bawah pada sisi kanan ataupun kiri khususnya pada posisi 1,2, dan 3 dimana pada posisi tersebut akan menjalar pada sinus maklaritis bagian rongganya yang dapat mengakibatkan sinusitis.

Trauma fisik
Yang dimaksud ialah ketika terjadinya stress atau pada seseorang yang mengalami penyumbatan air yang mengakibatkan pendarahan dan berujung pada sinusitis.

Terjadinya infeksi
Infeksi ialah terjadinya uka yang ditumbuhi bakteri yang menyebabkan luka menjadi busuk dan memburuk, khususnya pada bagian hidung dan tenggorokan. Pada area hidung ataupun tenggorokan yaitu bagian amandel, kelenjar adenoid ataupun tonsil akan terjadi peradangan yang menghasilkan rasa nyeri dan ngilu pada daerah tersebut.

Rongga hidung tersumbat
Hal ini disebabkan oleh hal tertentu seperti kelainan pada rongg hidung ataupun struktur anatomis hidung, misalnya teradi ppembengkokan pada bagian tersebut yang akhirnya menghambat udara masuk dan menyebabkan tumpukan seperti polip dan tumor yang akan menyumbat udara masuk pada bagian mucus yang menyebabkan sinusitis.

Cara mengobatinya, antara lain :

Tindakan dalam
Ialah dengan pemberian dekongestan guna untuk mencairkan lendir atau mucus, hal ini bertujuan agar mengalirkan aliran sumbatan lendir, namun jika hal tersebut terpancing akibat terjadinya alergi, maka jalan keluarnya ialah dengan mengkonsumsi obat anti alergi berupa anti histamine.

Tindakan dalam
Dilakukan pada sinusitis yang teradi pada kelainan struktur anatomi hidung yaitu dengan menjaga lingkungan pasien, selain itu lakukan pemaparan sinar bergelombang pendek dalam jangka 10 hari untuk menghilangkan tekanan pada rongga hidung sehingga cairan mucus atau lendir dapat mengalir dan tidak menyumbat sinus.

Pembedahan
Kegiatan pembedahan dilakukan apabila hal seperti pengobatan sinusitis telah gagal diterapkan, pembedahan radikal dan non radikal. Pada kedua pembedahan tersebut dilakukan pada area hidung dan rongga tenggorokan dengan membedah dan melubangi bagian tertentu dengan tujuan agar tidak terjadinya penyumbatan ketika pernafasan dilakukan, hal tersebut dilakukan pada bagian mukosa yang sakit dan membuat drainase pada bagian sinus yang terkena.
Penyebab Sinusitis dan Cara Pengobatannya | Admin | 5