Cara Mengobati Demam Berdarah Secara Alami


Cara Mengobati Demam Berdarah Secara Alami
Cara mengobati demam berdarah secara alami. Demam berdarah atau DBD merupakan penyakit yang awalnya berasal dari gigitan nyamuk yang membawa virus dengue pada bekas gigitannya dan mengalirkannya pada aliran darah manusia. Nama nyamuk tersebut dikenal dengan aedes aegypti, nyamuk yang bisa dikatakan berbahaya dan cukup diwaspadai. Biasanya penyakit demam berdarah atau DBD ini timbul karena beberapa faktor seperti lingkungan yang kotor, aliran air yang berhenti, dan lain sebagainya. 

Beberapa ciri yang dapat diketahui jika seseorang yang terkena DBD antara lain:

Demam yang terjadi pada suhu tubuh sekitar 38-40 celcius. Hal ini terjadi sekitar kurang lebih 7 hari. Merasa nyeri-nyeri pada sendi, atau bagian tubuh lain hingga menimbulkan menggigil pada tubuh. Munculnya bintik-bintik merah pada area kulit yang biasanya terkena gigitan nyamung aedes aegypti. Menurunnya tekanan darah, dan trombosit hingga di bawah 100.000/mm3.
Badan terasa pegal dan nyeri, biasanya pada area sekitar gigitan nyamuk
Jika sudah cukup parah, biasanya ditandai oleh mimisan pada hidung ataupun gusi yang berdarah.
Selain itu biasanya saat buang air besar terdapat darah bercampur lendir yang biasanya berwarna hitam.

Berikut beberapa pertolongan yang dapat dilakukan pada penderita demam berdarah:

Pemberian obat parasatamol ataupun obat-obat penurun panas.
Lakukan pengompresan ada penderita, usahakan menggunakan air hangat karena untuk menghindari penderita menjadi demam kembali.
Berikan makanan yang bergizi yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, fungsinya agar dapat menguatkan tubuh sehingga tubuh tahan melawan virus dan menjadi kebal.
Perbanyak minum air putih, sehingga dapat menurunkan panas tubuh dan menetralisir aliran darah.
Gunakan air daun jambu dan angkak lalu minum airnya. Hal ini bertujuan agar menaikkan jumlah trombosit.

Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan dalam mengobati demam berdarah atau DBD:

Daun pepaya
Menurut penelitian dokter bahwa mengkonsumsi daun pepaya pada penderita DBD dapat banyak membantu. Daun pepaya digunakan untuk melawan virus dengue secara alami. Caranya dengan merebus daun pepaya, disarankan agar tidak terlalu lama, cukup 5 hingga10 menit, agar sarinya tidak larut pada air rebusannya.

Air kelapa
Air kelapa berguna untuk mengembalikan mineral dan elektrolit dalam tubuh, sehingga dapat memulihkan dehidrasi dari penderita DBD.

Jus sayuran atau jus buah

Didalam keduanya baik buah ataupun sayur terkandung serat yang banyak, sehingga menurut penelitian sangat berguna untuk memulihkan penderita DBD. Selain itu memberikan peningkatan pada sistem kekebalan tubuh. Buah dan sayur tersebut antara lain wortel, timun dan berbagai sayuran hijau lainnya, juga stroberi, jeruk, pepaya, jambu biji, kiwi, blewah merupakan berbagai buah yang banyak mengandung vitamin C, yang berguna untuk memulihkan kondisi penderita DBD.
Demikian cara mengobati demam berdarah secara alami, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Cara Mengobati Demam Berdarah Secara Alami | TipsPengobatan Alami | 5