Cara Menjaga Kesehatan Jantung


Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan bagian tubuh vital yang sangat penting, jantung melakukan tugasnya yaitu memompa darah keseluruh tubuh, sehingga jika jantung mengalami masalah, akan sangat berpengaruh terhadap kestabilan organ lain yang berfungsi. Menurut penelitian, kematian paling besar yang sering terjadi adalah karena serangan penyakit jantung koroner.

Beberapa ciri yang terjadi jika terjadi gangguan pada jantung anda


Terjadinya disfungsi ereksi pada jantung,
ketika hal ini terjadi maka dapat disimpulkan bahwa keadaan jantung anda sedang tidak sehat. Disfungsi ereksi jantung merupakan salah satu gejala awal penyakit jantung.

Mendengkur saat tidur
Kebiasaan mendengkur saat tidur, ernyata merupakan salah satu gejala bahwa jantung anda mengalami gangguan. Namun yang perlu diperhatikaan adalah waktu mendengkur anda, jika kegiatan mendengkur hanya terjadi pada malam hari, bisa disimpulkan bahwa jantung anda mengalami gangguan.

Pembengkakan pada gusi
Hal ini biasanya ditandai juga dengan pendarahan pada gusi anda, hal ini memberikan tanda bahwa jantung anda sedang tidak sehat sehingga tidak dapat dengan baik mengalirkan darah keseluruh tubuh.

Detakan jantung tidak teratur
Detakan jantung yang teratur biasanya ditandai dengan badan lemas, lelah dan letih. Namun bisa juga ditandai dengan pengecekan detak jantung dengan menghitung jumlah denyutannya, jumlah denyut nadi normal pada orang dewasa adalah sebanyak kurang lebih 100 denyutan per menit. Pengecekan tersebut biasa dilakukan pada pergelangan tanga anda.

Selain hal-hal diatas, jantung yang tidak sehat juga ditandai dengan rasa nyeri pada dada dan pundak, juga ditandai dengan rasa sesak saat detakan jantung tak teratur, rasa nyeri pada dada sebelah kiri.

Beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung anda


Memperhatikan pola makan
Konsumsi paling tidak makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan tersebut harus lebih banyak dikonsumsi seperti beras, buncis, bayam, buah-buahan, ikan biji-bijian, bawang putih dan yoghurt.

Kurangi konsumsi kacang-kacangan, susu, keju, coklat
Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung beta karoten tinggi seperti, wortel, kubis dan umbi-umbian.
Peruhahan pola hidup
Pola hidup yang dimaksud adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga seperti jalan cepat, naik turun tangga, berjalan, sepeda santai merupakan olahraga rngan yang data anda lakukan secara rutin dengan tujuan agar tetap menjaga kesehatan jantung anda.

Hindari pemakaian rokok dan penggunaan minuman ber-alkohol
Istirahat yang cukup
Lakukan pemeriksaan secara rutin, dan periksa latar belakang penyakit jantung pada asal usul keluarga anda. Apakah penyakit jantung anda adalah hasil dari keturunan atau bukan?

Terus lakukan menjaga kestabilan kolesterol dan tekanan darah anda, sehingga jantung anda terus dalam kondisi yang baik.


Cara Menjaga Kesehatan Jantung | Admin | 5