Cara Mudah Merawat Kesehatan Kulit



cara mudah merawat kesehatan kulit

Cara Mudah Merawat Kesehatan KulitSetiap dari kita, baik wanita maupun pria tentunya mendambakan kulit yang sehat. Terlebih bila kita lihat penyakit-penyakit kulit, hampir semuanya bukan saja mengganggu kesehatan, namun juga estetika. 

Belum lagi penuaan dini yang bisa menyerang kapan saja. Oleh sebab itu, menjaga kulit tetap sehat adalah satu hal yang penting. Misalnya saja dengan menerapkan beberapa di antara cara mudah merawat kesehatan kulit berikut ini.


1. Konsumsi banyak air

Air merupakan komponen dominan dalam tubuh kita. 

Kulit yang kekurangan air akan mengalami kekeringan, kasar, kendur, dan masalah kulit lainnya. Sedangkan perlu kita tahu, air dapat menguap dari kulit. Oleh sebab itu, konsumsi air diperlukan dalam jumlah yang cukup setiap harinya. 

Dengan banyak mengonsumsi air, kulit akan terlihat lebih elastis, halus, dan lembap. 

Bahkan air putih merupakan rahasia awet mudanya banyak oang-orang di usia 60 tahun.


2. Konsumsi daging merah

Daging merah memang mengandung lemak yang diteliti kurang baik bagi jantung. Namun itu bila dikonsumsi berlebihan. Dengan moderasi yang baik, konsumsi daging merah dapat memberi efek positif bagi tubuh karena nutrisinya yang tinggi. 

Kandungan protein dan zinc pada daging merah baik bagi kulit. 

Bahkan, daging merah digadang-gadang memiliki kemampuan menyembuhkan jerawat lebih baik daripada antibiotik. Protein dan zinc dapat merangsang produksi kolagen yang dibutuhkan bagi kulit.


3. Cuci wajah dengan madu

Menurut penelitian, rahasia kecantikan Cleopatra adalah mandi dengan madu dan susu. Dengannya kulit menjadi segar dan bebas kerut. 

Pada madu sendiri terdapat sifat antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Madu juga dapat membuka pori-pori kulit serta melembapkannya.


4. Pandai memilih produk perawatan kulit

Kamu adalah apa yang kamu makan, merupakan pepatah yang juga harus Anda terapkan pada kulit.

Produk-produk kecantikan yang Anda gunakan akan mencerminkan kualitas kesehatan kulit. Oleh sebab itu, hendaknya Anda pandai-pandai dalam memilih. 

Jika bisa, hindari produk dengan bahan kimia dan lebih memilih produk ekstrak bahan-bahan herbal. 

Anda juga sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit, agar mengetahui jenis kulit dan produk yang paling cocok.


5. Cemilan wortel

Bila Anda ingin kulit yang tampak muda, indah, dan halus, maka Anda harus mendapatkan asupan vitamin A yang cukup setiap harinya. Di sini, kita kenal wortel adalah sumber vitamin A yang baik.

Anda bisa mengonsumsinya sebagai cemilan sehari-hari. Wortel dapat membantu memulihkan jaringan kulit yang rusak, termasuk juga regenerasi kolagen. 

Selain wortel, vitamin A juga banyak didapat pada ubi jalar.


6. Rutin konsumsi teh hijau

Teh hijau terkenal akan antioksidan-nya yang tinggi. Itu mengapa, teh hijau merupakan cara mudah merawat kesehatan kulit yang harus Anda coba. 

Antioksidan pada teh hijau dinamakan catechin dan memiliki kemampuan sebagai anti-penuaan.

Konsumsi teh hijau bisa membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV, bahkan juga mencegah tumbuhnya tahi lalat dan bintik-bintik.

Baca Juga:


Cara Mudah Merawat Kesehatan Kulit | Admin | 5