Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Tubuh - Metabolisme merupakan unsur penting dalam bekerjanya seluruh sistem dalam tubuh kita. Secara garis besar, bila metabolisme tubuh baik, maka kesehatan secara keseluruhan bisa didapatkan. 

Sedangkan untuk meningkatkannya, ada dua poin yang harus Anda lakukan, yaitu efisiensi penyerapan nutrisi dan pembakaran lemak. Untuk lebih mempermudah, 

Anda bisa coba menerapkan cara mudah meningkatkan metabolisme tubuh yang ada pada daftar berikut ini.


1. Konsumsi protein

Protein dibutuhkan dalam berbagai jenis aktivitas diet tubuh kita. 

Namun, yang paling menonjol bagi protein adalah dalam ranah pengembangan otot, dikarenakan merupakan jenis otot yang terkait erat dengan tingkat metabolisme yang tinggi. 

Protein juga merupakan senyawa yang dalam proses penyerapannya terbilang lama, lebih lama daripada karbohidrat atau lemak. 

Oleh sebab itu, bila Anda ingin meningkatkan efisiensi metabolisme tubuh, konsumsi makanan kaya protein, seperti kacang-kacangan, salmon, daging merah, yogurt, keju, dan selainnya sangatlah ditekankan. 


2. Tingkatkan olahraga

Menurut penelitian, olahraga merupakan salah satu cara paling dasar dalam meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh. Setidaknya berolahraga sebanyak 3-5 kali dalam seminggu untuk menopang aktivitas metabolisme Anda. 

Selain itu, di samping olahraga rutin, hendaknya setiap hari Anda menggerakkan tubuh dengan beraktivitas secara aktif. Terlebih bagi Anda yang bekerja di tempat duduk dalam waktu lama.


3. Memilih kalori yang bervariasi

Bila tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang sama setiap harinya, maka metabolisme Anda akan melemah. Sama halnya seperti rutinitas yang dilakukan terus-menerus yang menyebabkan kita malas. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengonsumsi kalori yang beragam. 

Hal ini bisa membuat fleksibilitas metabolisme meningkatkan, juga dapat meningkatkan pembakaran lemak dan efisiensi fungsi sistem pencernaan.


4. Konsumsi makanan cukup

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara mengurangi secara besar asupan makanan. 

Ini adalah kesalahan besar, karena bisa berujung sebaliknya, yaitu kerusakan metabolisme dan peningkatan berat badan.

Cara terbaik untuk diet yang sehat adalah dengan konsumsi makanan yang cukup, tepat, seimbang, dan sehat. Cukup makan berarti dapat menjaga tubuh tetap berenergi, sehingga metabolisme dapat bekerja dengan baik yang berujung pada pembakaran lemak yang efisien. 
Sebaliknya, kekurangan asupan berarti kekurangan nutrisi.


5. Konsumsi omega-3

Asam lemak omega-3 menjadi sangat khusus dalam menerapkan cara mudah meningkatkan metabolisme tubuh ini karena senyawa asam lemak tersebut bisa sangat membantu dalam mengoptimalkan metabolisme tubuh. 

Omega-3 dipercaya dapat meningkatkan tingkat katabolik dan anabolik tubuh. Belum lagi khasiat lainnya, seperti melindungi tubuh dari peradangan dan penyakit jantung. 

Dalam proses pembakaran lemak, omega-3 juga sangat besar perannya, karena dapat meningkatkan fungsi leptin.


6. Pilih makanan organik

Cara mudah meningkatkan metabolisme tubuh yang terakhir adalah dengan memilih makanan sehat nan organik. Makanan berbahan kima dipercaya bisa sangat mengganggu proses metabolisme, termasuk bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. 
Misalnya saja bahan pengawet yang diyakini bisa mengubah sel normal menjadi sel lemak, bahkan juga mempengaruhi nafsu makan yang secara tidak langsung sangat merugikan metabolisme tubuh.

Baca Juga: 

Manfaat Biji Nangka Bagi Kesehatan
Manfaat Kulit Buah Manggis Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Tubuh | Admin | 5